Rabu, 28 Juli 2010

Pusat Makanan Halal Internasional

halal foodPemerintah Penang telah mengalokasikan sekitar 423,5 milyar dalam usahanya menjadikan Penang sebagai pusat halal internasional. Kini meski belum rampung sepenuhnya, namun Penang Halal Park telah menuai berbagai respon positif.

Makin tingginya permintaan akan produk halal, membuat pemerintah Penang melakukan transformasi dengan menjadikan Penang sebagai pusat halal internasional. Tentunya selain untuk memenuhi tingginya permintaan konsumen, pemerintah juga berharap bisa menyediakan pelayanan dan solusi akan produk halal.

Untuk mewujudkan hal tersebut pemerintah Penang telah mengalokasikan dana sebesar RM150 juta atau sekitar 423,5 milyar untuk membuat Penang Halal Park. Halal Park yang berlokasi di Bukit Minyak, Seberang Praikini telah mencapai tahap pertama yaitu lebih dari 11ha dari keseluruhan area tamans sebesar 53ha.

Ketua Menteri Penang, Lim Guan Eng mengatakan bahwa tahap pertama telah selesai dan memperoleh respon positif dari berbagai negara yang siap untuk berinvestasi di Penang Halal Park. "Kini sembilan MOU kerjasama telah ditandatangani dengan beberapa pihak seperti Malaysia, Australia, UEA, Cina, dll. Kami siap untuk melanjutkan pada tahap selanjutnya," ujar Lim.

Pusat halal internasional tersebut diharapkan bukan menjadi sekedar pusat halal di Malaysia. Mereka juga bangga jika nantinya bisa memahami kebutuhan para investor dan pebisnis. Konsep halal park tersebut nantinya akan menyediakan sistem pengembangan, fasilitas bersama, laboratorium, gudang, dan networking di bidang infrastruktur yang akan menghubungkan ke pasar global.

Disamping itu letaknya yang dekat dengan pelabuhan dan bandar udara, memudahkan area ini untuk diakses oleh supplier lokal maupun macanegara. Diperkirakan fasilitas ini akan segera secara efektif segera digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar